PERKEMBANGAN INMU KOMUNIKASI UMM
Jurusan ini memiliki tiga peminatan,
yaitu Public Relations, Jurnalisme, serta Komunikasi Audio Visual. Secara
periodik reformasi kurikulum dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan
ilmu dan dunia profesional di bidang komunikasi. Proses belajar mengajar
menggunakan peralatan multimedia dengan penekanan pada kompetensi konseptual,
manajerial dan teknikal. Guna meningkatkan skill dan mewadahi bakat mahasiswa,
Jurusan Komunikasi menyediakan fasilitas laboratorium yang lengkap dan
representatif, meliputi lab ruang produksi, siaran TV, studio recording, mini
teather, ruang simulasi PR, stasiun radio, studio fotografi, komputer
multimedia dan desain grafis.
Sedangkan untuk meningkatkan standing
academic mahasiswa, terdapat beberapa kegiatan komplementer, seperti seminar,
kuliah tamu, studi banding, dan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen.
Kegiatan mahasiswa sangat dinamis dalam upaya pengembangan minat dan bakat
seperti: JUFOC (Jurnalistic Fotography Club), HIMAKOM (Himpunan Mahasiswa Komunikasi),
dan Kine Club (Kelompok Pecinta Sinematografi), PR Club, Journalistic Club,
adalah contoh beberapa wadah aktivitas mahasiswa yang sudah memiliki reputasi
nasional dan internasional. Kegiatan kemahasiswaan yang mengarah pada
keterampilan profesi komunikasi sering meraih prestasi, di antaranya juara
debat PR, kompetisi film dokumenter “Eagle Awards Metro TV”, penulisan buku
jurnalistik dan studi media, dll. Alumni jurusan ini banyak terserap di
institusi media massa stasiun TV, radio, konsultan PR, dan institusi
pemerintah dan swasta lainya.
Visi, Misi dan Tujuan Jurusan
Ilmu Komunikasi
Visi :
Menjadi jurusan yang unggul dan
berdaya saing dalam pengembangan keilmuan dan
keterampilan dibidang komunikasi, berdasarkan nilai-nilai
Islam.
Misi :
Menyelenggarakan pendidikan untuk
pengembangan pola pikir, wawasan dan ketrampilan mahasiswa dibidang ilmu
komunikasi yang beroreantasi pada gerakan media literacy.
Memajukan aktifitas penelitian
dikalangan dosen dan mahasiswa mengenai permasalahan masyarakat yang berdimensi
komunikasi.
Melaksanakan pengabdian di bidang
komunikasi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat.
Mengintensifkan aktifitas pelatihan
di bidang public relations, komunikasi audio visual, serta
jurnalistik.
Menyelenggarakan kerja sama dengan
berbagai pihak dalam kerangka perkembangan ilmu pengetahuan dan penerapan
teknologi komunikasi secara kelembagaan
Tujuan :
Menghasilkan lulusan yang memiliki
kompetensi public relation, komunikasi audio visual, serta
jurnalistik dan studi media.
Menghasilkan lulusan yang
memiliki akses pada berbagai pihak yang relevan untuk meningkatkan kinerja
lembaga dan jalinan kerja sama.
Menghasilkan karya penelitian
berdimensi komunikasi yang berdaya guna bagi masyarakat akademik dan umum
Menghasilkan lulusan yang berkomitmen
pada pemberdayaan masyarakat berbasis media literacy.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar